Perbedaan CMYK, RGB, Spesial Warna atau Special Color


rgb-atau-cmyk



Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan untuk teman-teman yang ingin tahu apa sih perbedaan CMYK, RGB, dan Spesial Warna atau Special Color?




standar-warna
standar warna


Sebenarnya kategori warna tersebut adalah format yang fungsi dasarnya adalah untuk pewarnaan dari monitor untuk pengaplikasian pada media/dimensi. Jadi intinya CMYK, RGB, Special Warna adalah nama format!



Format CMYK : Adalah gabungan warna Cyan, Magenta, Yellow, Black (K~diartikan sebagai warna yang mewakili warna HITAM). Biasanya ini dipakai di percetakan umum yang biasa kita temui misalnya cetak kartu nama, banner outdoor, poster, kalender, cetak sampul dll. Biasanya format ini umumnya dipakai pada printer rumahan, mesin cetak digital dan mesin cetak offset. Format warna CMYK adalah penggabungan untuk menciptakan berbagai warna apa saja. Nah, format ini yang biasa dipakai untuk jadi acuan mewakili warna pada monitor dengan hasil warna cetak nantinya. Jadi jangan lupa ya untuk yang desainer grafis pemula agar merubah format warna RGB di monitor menjadi CMYK agar tidak keliru warna yang dicetak nantinya.


palete-cmyk
Palette CMYK

Format RGB : Nah, format RGB ini pasti sudah banyak yang tahu, yak benar! sering kita temukan di palette warna di Photoshop! RGB adalah kependekan dari Red, Green, Blue. Format ini dipakai untuk mewarnai pekerjaan graphis anda dari monitor. Ingat, warna yang dibuat dari format RGB hanya untuk dilihat dari monitor dan bukan untuk ukuran hasil cetakan. Jadi jika anda membuat file dari format RGB maka sebaiknya dirubah formatnya ke CMYK agar ukuran hasil warna bisa akurat.

Palette RGB


Special Warna : Pada dasarnya format spesial warna ada dua pilihan merek yaitu Pantone dan Cemani Toka. Sebenarnya bukan cuma kedua merek itu yang memproduksi produk pewarnaan untuk percetakan tapi sepengetahuan saya hanya dua itu yang umumnya dipakai di Indonesia.

Pantone Color bisa kita temukan dalam program graphis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan program graphis umumnya (Desktop Publishing). Pantone memang “go international” ibaratnyalah dan bekerja sama dengan program graphis umumnya. Anda bisa temukan kode warna format Pantone asalkan warnanya sudah update pada program graphis anda.

Sedangkan TC Color adalah nama format dari merek pewarnaan Cemani Toka. Merek ini yang produksi PT Cemani Toka Indonesia. Sepengetahuan saya sudah lebih tiga puluh tahun loh perusahaan ini ada di Indonesia! Berbeda dengan Pantone, format TC Color tidak ada pada bawaan dari program grafis Adobe, namun Cemani Toka sudah menerbitkan TC Color File Coated paper berisi 1317 warna, dilengkapi CD-ROM untuk program Desktop Publishing. Terdiri dari TC Color Finder dan TC Mixing Formula Guide yang berisi : Best One Process Standard Colors.

Kalo soal mana yang paling bagus antara color guide Pantone dengan TC, katanya sama saja, tergantung selera aja..

Oke, demikian penjelasan singkat saya perbedaan CMYK, RGB, dan Spesial Warna atau Special Color. Kalau ada yang kurang mohon ditambahkan dan kalau ada yang salah, mohon dimaafkan. Semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

Membuat Stroke Keren dari Adobe Illustrator CS6